Senin, 15 Juli 2019

Bupati Lahat Hadiri Penutupan Rapat Paripurna Anggaran 2019

Dutasumsel.com.LAHAT, --  Penutupan Rapat paripurna XII masa persidangan ketiga DPRD Kabupaten Lahat membahas Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2019. Rapat ini digelar pada Senin 15/ 7 diruang sidang utama DPRD. dibuka  dan ditutup Samarudin SH selaku ketua DPRD Lahat.

Turut hadir pada rapat tersebut dihadiri H.Haryanto SE MM.MBa Wabup, Januarsyah SH MM Sekda, AKBP Ferry Harahap SiK. MSI. Kapolres Lahat, Letkol Kav Sungudi MSI Dandim 0405, Yoga Ketua Pengadilan, Kajari Lahat, Asisten, Kepala Dinas, Kaban, Camat, Lurah serta 2/3 Fraksi DPRD yang hadir dan beberapa organisasi Wanita.

Rapat dimulai penyampaian laporan dari Pansus 1, 2 dan 3.

Penyampaian Pansus 1 melaporkan
Penyusunan anggaran terkait program pokok, pendapatan daerah, belanja penganggaran daerah 0,15 % dan naik 8 %  , saran kepada bupati, awal pembangunan Desa , Kabupaten dan peran anggota Dewan dilaksanakan dengan baik, Anggaran Desa hendaknya benar mampu dikerjakan, diharapkan hasil perubahan menjadi keputusan dan benar menyentuh kepada masyarakat, hendaknya kenaikan APBD benar lebih maju .

Sementara itu laporan pansus 2 Menekankan pada Kebijakan perubahan anggaran APBD th 2019 apabila terjadi perubahan yang tidak sesuai dengan Asumsi keungan saat itu sebagaimana dg ketentuan , peraturan Menteri dalam negeri no 13 tahun 2019, penyesuai perkembangan yang tidak sesuai, keadaan yg bergeser antar jenis belanja, keadaan saldo yang bergeser, keadaan darurat dan luar biasa.

Pansus 3 Menekankan pada  Upah dan Rancangan PPAS, pada tgl 17 Juni membahas rancangan Anggaran plapon sementara tahun 2019 merumuskan , perlu berpedoman dengan Peraturan Menteri dan Peraturan Bupati sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Lahat pengobatan dan Sekolah Gratis dan PDAM pipanisasi yang belum merata di Kelurahan Talang Jawa Utara dan Kelurahan Bandar Jaya.


Sambutan Bupati Lahat " Nota kesepakatan bersama baru saja dilakukan, merupakan wujud pelaksanaan kewajiban Konstitisional dari kepala daerah dan DPRD Kabupaten Lahat, agar setiap perangkat menyusun Rencana kerja dan anggaran perubaha tahun 2019 dengan berpedoman kebijakan umum perubahan APBD daerah. Sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Lahat menuju Lahat Sejahtera dan bercahaya, bupati juga berpesan kepada seluruh SKPD agar menyusun rencana kerja diprioritaskan angaran dan perubahan yang menyentuh kemasyarakat secara menyeluruh, serta penggunaan Dana Desa jangan ditumbang tindih, kita jalankan Muserbang Kecamatan

Dilanjutan dengan penanda tanganan Nota Kesepakatan   RAPBD  antara Bupati Lahat dengan DPRD, serta ucapan selamat kepada Samarudin SH sebagai ketua PDI P Kabupaten Lahat.

Pewarta : Novita/ Idham
Redaksi.www.dutasumsel.com15719

0 komentar: