News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FULL DAY SHCOOL DI SEKOLAH AKAN DITERAPKAN PADA AJARAN 2019 - 2020

FULL DAY SHCOOL DI SEKOLAH AKAN DITERAPKAN PADA AJARAN 2019 - 2020

Dutasumsel.com.INDRALAYA, -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir, melalui Kabid Pembinaan SD Muhamad Romli, Kabid Kebudayaan Zulkarnain, Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Indralaya Hapizo, Camat Indralaya Rahmini,SS,M.Si, gelar sosialisasi kebijakan pemerintah yang menetapkan lima hari sekolah dalam seminggu mulai tahun ajaran baru 2019/2020.

Hal itu disampaikannya, menyikapi pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang memastikan kebijakan lima hari sekolah dalam seminggu akan diterapkan mulai tahun ajaran 2019-2020.

Kebijakan tersebut, merupakan bagian dari penerapan program penguatan pendidikan Karakter (P3K), sehingga akan ada perubahan-perubahan pengorganisasian pembelajaran.

Perubahan pengorganisasian pembelajaran yang dimaksud salah satunya, guru wajib berada di sekolah selama delapan jam, tidak boleh kurang,Fuul day dak diwajibkan tetapi tetap mengacu kepada permendikbud nomor 15 tahun 2018, Jelas Romli kepada dutasumsel.com.Selasa 23/7/19.

Terkait dengan itu, saat ini Disdikbud Kabupaten Ogan Ilir mulai menyosialisasikan kebijakan tersebut agar semua sekolah bisa mempersiapkan diri terkait dengan sumber daya manusia (SDM), fasilitas pendukung, serta perubahan terhadap silabus. 

Harapannya, pada jam siang sekolah bisa menyusun pelajaran yang memiliki unsur bermain sambil belajar agar peserta didik tidak cepat jenuh. Sebab, biasanya jam siang, anak-anak beristirahat.

Dengan demikian, lanjutnya, begitu masuk tahun ajaran baru, baik siswa maupun pihak sekolah sudah siap dengan program dan kegiatan yang disesuaikan pada jam pelajaran siang.

"Siswa akan belajar mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB, sama halnya dengan jam kerja aparatur sipil negara (ASN), dengan delapan jam mata pelajaran," kata dia. 

Menurut dia, penerapan kebijakan lima hari sekolah di Kabupaten Ogan Ilir tidak terlalu berat. Sebab, saat ini sudah banyak sekolah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, apalagi sekolah swasta.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar