News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gelar Event Kesejarahan Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir 2019

Gelar Event Kesejarahan Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir 2019

Dutasumsel.com.INDRALAYA, -- Event Kesejarahan Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir 2019
Oleh Andi Kumaini, S.Pd., M.Pd.
Ketua KGC Ogan Ilir/Guru SMAN 1 Kandis
Bimbingan Teknis Penyusunan PTK dan Lawatan Sejarah 28-30 Agustus 2019.
Dalam dunia pendidikan tepatnya dalam proses pembelajaran, sejarah memiliki nilai yang sangat strategis. Sejarah yang diajarkan disekolah bisa menanamkan nilai-nilai dalam diri peserta didik sehingga memiliki kesadaran terhadap eksistensi bangsanya. Untuk mengemas pendidikan sejarah sehingga dapat menghasilkan internalisasi nilai diperlukan adanya pengorganisasian bahan yang beraneka ragam serta metode sajian yang bervariasi. Salah satu metode yang bervariasi itu adalah lawatan sejarah. Lawatan sejarah merupakan salah satu metode, pembelajaran sejarah yang cukup efektif karena jika di dalam proses pembelajaran di kelas guru dan peserta didik lebih banyak menggunakan literatur buku, maka belajar sejarah sering membingungkan  bahkan membosankan.

Sedangkan dalam lawatan sejarah peserta didik dan guru bisa langsung mengunjungi tempat peristiwa berlangsung sebagai jejak sejarah dan dapat menganalisis peristiwa sejarah tersebut melalui sisa-sisa peninggalan yang masih dapat ditemui. Dengan adanya kunjungan ke situs-situs sejarah menjadikan proses pembelajaran sejarah dapat menjadi menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan atau informasi dan kaya akan pemahaman kesejarahan.

" Mengingat arti pentingnya sejarah, maka sudah semestinya ada usaha dalam menumbuhkan kesadaran sejarah peserta didik. upaya penggalian lebih dalam mengenai sejarah lokal terutama yang ada di Sumatera Selatan dapat dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan menguji kredibelitas metode lawatan sejarah untuk peningkatan"  pemahaman sejarah bagi peserta didik. 

Komunitas Generasi Cendekia (KGC) Ogan Ilir mencoba mewujudkannya melalui Bimtek Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Lawatan Sejarah untuk guru sejarah tingkat SMA dan guru IPS tingkat SMP di lingkungan Kabupaten Ogan Ilir dengan tema “Lawatan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Ilmiah Bagi Guru Sejarah/Ips dan Pemahaman Sejarah Lokal Bagi Peserta Didik”.

Adapun Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir dengan Direktoran Sejarah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Fasilitasi kesejarahan ini merupakan program pengembangan kesejarahan di bawah Direktorat Kebudayaan.

Acara ini dibuka langsung oleh ibu Saptari Novia Stri, S.H selaku Kasubid Penulisan Sejarah Direktorat Sejarah Kementrian Pendidikan dan kebudayan bertempat di Hotel ilaya pada Rabu 28 Agustus 2019. Turut menghadiri Dra. Hj. Endah Kesuma Dewi, MT. Analis Kurikulum dan Pembelajaran SMA Dinas Pendidikan dan Kebudaan Provinsi Sumatera Selatan, Dra. Hj. Zumrodah, MM Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Ogan Ilir, Koordinator Pengawas Bina SMA Sumatera Selatan wilaah Ogan Ilir, Ketua MKKS SMA Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam sambutanya ibu Saptari menampaikan adanya perhatian yang besar pemerintah terkait pemajuan sejarah di Indonesiamelalui UU No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Event kesejarahan ini merupakan salah satu program Fasilitasi Kesejarahan yang mendapat pembiayaan dari Kementrian. KGC Ogan Ilir Lolos Dari 437 proposal yang masuki ke Kementriaan kemudian diseleksi dan terpilihlah 87 komunitas yang " layak untuk dibiayai berupa Event Kesejarahan, Pembuatan buku Sejarah, Film Kesejarahan, Media pembelajaran Sejarah, dan Aplikasi Pembelajaran Sejarah".

Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir mendapat apresiasi untuk menyelenggarakan Event Kesejarahan berupa Bimtek Penyusunan PTK dan Lawatan Sejarah yang kemudian dirangkai dengan bimbingan online PTK, lomba dan seminar PTK hingga pembiatan Prosiding.
Andi Kumaini, M.Pd. selaku ketua Komunitas Generasi Cendekia Ogan Ilir menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membimbing guru rumpun IPS SMP dan SMA untuk dapat membuat PTK. Selain mendapatkan kredit poin untuk kenaikan pangkat, diharapkan guru benar-benar mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk  memenuhi kewajiban guru dalam pengembangan kompetensi guru dan mengevaluasi setiap pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Selanjutn Adapun Lawatan Sejarah, kegiatan ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan kesadaran sejarah bukan hanya dari peserta didik melainkan juga untuk para gurunya. Selain itu, diharapkan juga dengan menggali sejarah lokal secara detil maka akan memperkaya informasi dari sejarah nasional yang tentunya akan bermuara pada integritas bangsa.

Alhamdulillah kegiatan ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari pemerintah setempat khususnya dinas pendidikan dan kebudayaan. Ibu Endah mewakili dinas pendidikan  dan kebudayaan sumatera selatan mengapresiasi kegiatan ini sebagai suatu pengembangan keprofesian guru. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang guru IPS jenjang SMP dan guru sejarah  SMA.
Harapannya kegiatan positif seperti ini mampu menjadi contoh dan motivasi penggerak komunitas yang lain terutama LSM untuk dapat menjalankan peranya untuk membantu mewujudkan sumber daya manusia Indonesia Cerdas dan berkualitas.

KGC Ogan Ilir selaku Lembaga Swadaya Masyarakat telah aktif sejak 2004 dalam membina akhlak dan intelektual pelajar dan guru. Namun kegiatan yang selama ini dilaksanakan hanya mengandalkan swadana pribadi masing-masing anggota.dengan adanya Banpem Fasilitasi Kesejarahan ini KGC Ogan Ilir merasa ternbantu sekali dalam mewujudkan visi dan misi lembaga terutama untuk pemajuan pendidikan di Sumatera Selatan umumnya dan Ogan Ilir khususnya. Ucapat terima kasih juga disampaikan seluruh segenap pantia yang telah luar biasa bekerja untuk terlakasananya Event ini. Tak lupa untuk sponsor Rumah Makan Soponyono , iin’s Cake, Rumah Steak and Milk Lao yang telah membantu mensukseskan acara ini.

Pewarta : Umi Iin
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.