News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BABINKAMTIBMAS BERSAMA MASYARAKAT DESA PAYO MEMBUAT BANK SAMPAH

BABINKAMTIBMAS BERSAMA MASYARAKAT DESA PAYO MEMBUAT BANK SAMPAH

Dutasumsel.com.LAHAT, -  Berawal dari  giat  Babin Kamtibmas sambangi masyarakat dan mendengarkan keluhan warga terhadap sampah di Desa Payo, yang  bingung kemana membuang sampah , sedangkan TPA di Kabupaten Lahat hanya ada di Kecamatan  Gumay Talang. Yang begitu jauh   selama ini kebiasaan  mereka yang terjadi membuang sampah sembarang dipinggir jalan  di Sungai Lematang atau mereka bakar.
Untuk itulah Babin Kamtibmas Brigadir Andi W. bersinergi dengan Kades  Payo Harun Rasyid,  timbullah ide untuk membentuk Bank Sampah dikoordinir  oleh  saudara Toni Iskandar dan Dina Cjuarsih sampah yang ada, sampah dihargai dengan tukar sembako,  dan uang selain itu  Bank Sampah juga melakukan pengolahan Ekonomi Kreatif pada masyarakat untuk membuat kerajinan tangan dari bahan sampah plastik menjadikan barang - barang bernilai ekonomis seperti tas dari sampah, tempat tisu Seperti dijelaskan Andi W dan Toni Iskandar kepada Awak media (9/9)

Antusiasme warga begitu tinggi dengan adanya Bank Sampah tersebut,   menambah Income keluarga. Insya Allah kami akan bersinergi dengan Gapoktan Desa Payo untuk pengolahan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk Organik " tandas Brigadir Andi W.

Beliau juga berpesan kepada warga Desa Payo  khususnya dan Kabupaten Lahat umumnya untuk tidak membuang sampah sembarangan, dipinggir jalan maupun di Sungai Lematang yang bisa mengganggu Ekosistem Sungai.

Pewarta : Novita/ Idham
Redaksi.www.dutasumsel.com

Dengan mengumpulkan sampah ke Bank Sampah anda mendapat uang Desa pun bersih dan bercahaya sesuai dengan seruan Bupati Lahat Cik Ujang ( Novita/ Idham)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.