News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bimtek PUG dan PUHA bagi Forum Puspa provinsi/kabupaten/kota

Bimtek PUG dan PUHA bagi Forum Puspa provinsi/kabupaten/kota

Dutasumsel.com.SUMSEL, -- Forum Puspa merupakan singkatan dari Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak. Forum ini sendiri merupakan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah, baik dari dinas pemberdayaan perempuan dan anak, dunia pendidikan, dunia usaha, media, tokoh agama dan lain sebagainya. Dan sebagai wujud sinergitas inilah muncul program three ends, yaitu akhiri kekerasan pada perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri kesenjangan ekonomi antara perempuan dan laki-laki.

Kegiatan berlangsung tanggal 11-13 September 2019. Acara pembukaan diisi dengan sambutan dari kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Hj. Susna Sudarti, SE M.Si. Beliau mengajak dan memotivasi semua elemen masyarakat untuk tetlibat aktif dalam kegiatan forum puspa ini.

Di provinsi Sumatera Selatan sejauh ini baru terbentuk 10 forum puspa di kabupaten/kota. Diharapkan setelah kegiatan ini akan menyusul di tujuh kabupaten/kota lainnya. Hal ini disampaikan oleh ketua forum puspa Sriwijaya, Hj Nelly Rosdiana, M.Si. Karena bagaimanapun kerja-kerja seperti ini tidak bisa dilakukan hanya oleh satu elemen saja. Karena permasalahan yang begitu kompleks dan jangkauan daerah yang luas, tentu memerlukan sinergitas yang kuat antar elemen masyarakat. Demikian ditambahkan oleh bapak Drs. Dodi Mohamad Hidayat M.Kom I, selaku kabid partisipasi organisasi keagamaan dari kementerian PPPA RI.

Pelatihan ini juga diharapkan bisa membekali para pengurus forum puspa dalam kaitannya terhadap PUG (Pengarusutamaan Gender) dan PUHA (Pemenuhan Hak Anak). Mengingat semakin kompleksitasnya permasalahan perempuan dan anak yang dihadapi sekarang, tentu memerlukan pemahaman dan pengetahuan yang cukup. Sehingga bisa dilakukan pencegahan serta penanganan yang tepat pada setiap permasalahan yang dihadapi.

Pada sesi terakhir, juga ditampilkan presentasi dari beberapa inspirator daerah. Dengan ini diharapkan semakin memperluas wawasan dan bisa memberikan penguatan kepada peserta untuk berbuat yang lebih nyata dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas terutama bagi kaum perempuan dan anak.

Pewarta : Umi Iin
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.