News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Launching Program Peningkatan Keterampilan Usaha rakyat ( PKUR)Dan IP2BK Di Desa Pulau Semambu

Launching Program Peningkatan Keterampilan Usaha rakyat ( PKUR)Dan IP2BK Di Desa Pulau Semambu

INDRALAYA.DS, -- Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia menggelar launching Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) dan Integrasi Program Pemberdayaan berbasis keluarga (IP2BK) di Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara-Ogan Ilir, Kamis 31/10/19.
Launching yang berlangsung di Balai Desa Pulau Semambu, dihadiri langsung oleh pengurus YBM BRI Kanwil Palembang Bapak Thoriq Firmansyah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang di wakili oleh Bapak Amran, Dinas Sosial Bapak Irawan Sulaiman, Camat Indralaya Utara Bapak Zaidan Sukarno dan Kepala Desa Pulau Semambu Bapak Suparmin HS, Pimpinan Ponpes At-Tauhid Ust.Ali Efendi serta tokoh masyarakat.

Kelompok pertanian dan Sentra Rosela di Pulau Semambu dipilih oleh YBM BRI sebagai kelompok binaan, karena disamping untuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal, juga mendukung pemerintah daerah yang sedang melakukan terobosan bersamaan dengan Kementan melalui program-program pemerintahan.

Dalam sambutannya, Bapak Thoriq Firmansyahmengucap Syukur Alhamdulillah dengan adanya Program ini beberapa petani diantaranya sudah berhasil dalam budidaya Mentimun dan tercatat sudah ada yang mendapatkan Omset sebesar Rp.20.615.00 dalam 1 kali musim tanam. dan beliau berpesan kepada para petani untuk tetap semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai petani dan mengupayakan untuk membiasakan menabung dari hasil keuntungan yang di dapat selama berusahatani.

Apresiasi dan ucapan terimakasih juga di sampaikan oleh Bapak Zaidan Sukarno selaku camat Indralaya Utara kepada Yayasan Baitul Maal BRI dalam sambutannya "Sebuah karunia yang besar, masih ada lembaga yang peduli terhadap nasib para petani di kota ini". Hal ini memberikan gambaran bahwa para petani juga perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari semua pihak. rasa kagum pun keluar dari lisan beliau ditengah kemarau panjang masih ada petani yang berani dan semangat dalam bertani.

Adapun kegiatan launching ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis bantuan modal dari YBM BRI ke Kepala Desa Pulau Semambu, kelompok tani dan juga perwakilan dari kelompok sentra rosella.Total Bantuan Program PKUR dan IP2BK YBM BRI adalah sebesar Rp. 469.435.000,- untuk kelompok budidaya Mentimun sebesar Rp.57.250.000, Kelompok Budidaya Cabai Rawit sebesar Rp.55.470.00, Kelompok Budidaya Terong Ungu sebesar Rp.61.920.000, Kelompok Budidaya Terong Bandung sebesar Rp.57.850.000, Kelompok Budidaya Kacang Panjang 1 sebesar Rp.57.850.000, Kelompok Budidaya Kacang Panjang 2 Sebesar 73.495.000, Kelompok Sentra Rosela sebesar Rp.105.600.000

Program PKUR ini selain dalam bentuk bantuan pendanaan, para peserta program PKUR dan IP2BK juga diberikan pendampingan dalam proses pengembangan usahanya oleh seorang pendamping dari YBM BRI, sehingga para petani dan rumah tangga petani bisa mandiri dalam pengembangan usahanya dibidang pertanian.

"Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada YBM BRI yang sudah peduli dan perhatian kepada kami selaku petani kecil, sebelum adanya program dari YBM BRI kami cukup kesulitan dalam permodalan namun berkat bantuan modal kami bisa berkebun timun dengan hasil yang melimpah, selain bantuan modal kami juga mendapatkan bimbingan teknis dari pendamping program PKUR. Kami doakan YBM BRI selalu maju dan jaya kedepannya." ungkap bapak Hendri

Launching diakhiri dengan melakukan panen bersama di lahan Bapak Al-Puad salah satu peserta kelompok budidaya mentimun oleh para tamu undangan dan pengurus YBM BRI.

Pewarta : Umi Iin
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.