News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong dalam Giat OSIS SMAN 1 Kandis Peduli Negeri

Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong dalam Giat OSIS SMAN 1 Kandis Peduli Negeri

Dutasumsel.com, -- Menumbuhkan pendidikan karakter lebih mudah untuk diajarkan di luar kelas. Terjadinya musibah Kebakaran di Tanggo Buntung menjadi momentum untuk menumbuhkan karakter peduli pada siswa.  Tak hanya simpati,  tapi action di lapangan untuk mengumpulkan donasi dalam gerakan OSIS SMAN 1 Kandis Peduli. 

Meskipun letak sekolah yang jauh dari keramaian kota,  tak membuat siswa siswi sekolah ini ketinggalan informasi dan berdiam diri.  Sekolah yang dikepalai oleh Drs. Sarwani,  M. Pd.  ini sudah sering melakukan penggalangan dana dalam program OSIS Peduli diantaranya penggalangan dana untuk korban Gempa Lombok,  Tsunami Sulawesi Tenggara,  dan Tsunami Lampung-Banten.  Bahkan telah mendapatkan Sertifikat penghargaan Sekolah peduli dari ACT Sumsel.  Kegiatan penggalangan dana ini dilaksanakan di lingkungan sekolah,  di sekolah-sekolah se Kecamatan Kandis,  dan terjun langsung ke rumah-rumah warga. 

Kegiatan kali ini di laksanakan pada Jumat,  18 Oktober 2019.  Arrisalah Akbar selaku Ketua OSIS SMAN 1 Kandis periode 2019-2020 yang baru saja dilantik,  menggerakkan kawan-kawan untuk berbagi tugas dalam penggalangan dana ini adar efektif dan maksimal.  Dana yang terkumpul InsyaAllah akan di salurkan langsung kepada warga korban Kebakaran daerah Tanggo Buntung.  Harapan dari kegiatan ini agar dapat menumbuhkan jiwa peduli pada siswa sebagai sebuah karakter baik yang nantinya akan menjadi kepribadian mereka.  Peka terhadap lingkungan sekitar adalah bagian dari hasil sebuah pendidikan.  Karena sejatinya pendidikan harus mampu berdampak pada kebaikan lingkungan masyarakat,  bangsa,  dan negara. 

Bagi saya selaku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sekaligus pembina OSIS SMAN 1 Kandis berharap kegiatan ini mampu menjadi teladan bagi sekolah  lain untuk melaksanakan kegiatan yang sama agar terwujud karakter siswa  baik dan cerdas memberikan solusi bagi negeri.  Sehingga Penguatan Pendidikan Karakter yang di canangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam kurikulum 2013 terlaksana dan benar-benar tertanam dalam diri peserta didik.

Oleh : Andi Kumaini, M.Pd. (Guru SMAN 1 Kandis)
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.