News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengembangan Kue dan Cemilan untuk Penderita Diabetes

Pengembangan Kue dan Cemilan untuk Penderita Diabetes

INDRALAYA DS, -- Diabetes atau yang di masyarakat lebih dikenal dengan penyakit gula menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Ditambah lagi dengan pola konsumtif masyarakat sekarang, yang lebih menyukai makanan siap saji dengan segala resikonya. Terutama jenis makanan cemilan yang sebagian besar justru mengandung kadar gula yang cukup tinggi.
Dan makanan cemilan pada umumnya banyak diproduksi oleh Usaha Kelompok Mikro (UKM), salah satunya adalah Iin's Cake yang berada di Inderalaya. Usaha ini sudah berjalan kurang lebih tiga tahun dengan pangsa pasar utamanya adalah civitas akademika di kampus Unsri Inderalaya. Maka dari itu, Lembaga Penelitian dan 
Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsri tergerak untuk melakukan pembinaan. Melalui Program Pengembangan Kue dan Cemilan untuk Penderita Diabetes di Usaha Mikro Iin's Cake, Inderalaya.

Dengan diketuai oleh Dr. Budi Utari, M.Si Apt dari fakultas MIPA jurusan Farmasi, kegiatan ini terlaksana. Selain itu juga ada empat orang dosen lain yang terlibat aktif dalam program inovasi ini. Diantaranya, Dr. Miksusanti, M.Si (MIPA Kimia), Dr. Fitri Suryani Arsyad (MIPA Fisika), Prof. Aldes Lesbani M.Si Phd (MIPA Kimia) dan Dr. Dedi Rohendi (MIPA Kimia).

Adapun luaran yang dihasilkan dari program ini antara lain, pertama, agar Iin's Cake memiliki keterampilan dalam membuat kue dan snack kesehatan bagi penderita diabetes yang bervariasi. Kedua, agar UKM Iin's Cake dapat mempunyai website di internet sehingga mudah dicari pelanggan dan berdampak pada peningkatan omset pemasaran. Ketiga, adanya publikasi di Jurnal Nasional tentang kandungan gula dan serat pangan untuk kue/snack bagi penderita diabetes.

Atas bimbingan yang diberikan oleh tim LPPM Unsri ini, akhirnya Iin's Cake mencoba membuat beberapa jenis kue dan cemilan yang rendah gula. Yaitu Bolu Pisang Kayu Manis,Kue kering Keju Palem dan Peanut Butter Cookies. Beberapa kue diolah dengan menggunakan gula semut yang memang dianjurkan untuk penderita diabetes. Bukan hanya lebih sehat, kue-kue ini juga tetap bisa terasa lezat untuk dinikmati.

Pewarta : Umi Iin
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.