HEADLINE NEWS

MUSYAWARAH BESAR KOMUNITAS GENERASI CENDIKIA KE V TAHUN 2019 SUKSESNYA BERKAT KEKOMPAKAN PENGURUS DAN PESERTA

INDRALAYA.DS, -- Musyawarah Besar Komunitas Generasi Cendekia (Mubes KGC) Ogan Ilir yang telah berlangsung 21-22 Desember 2019 di SIT Menara Fitrah  terselenggara dengan baik.  Beberapa rangkaian acara dari Pembukaan,  Sidang Pleno 1, 2,  dan 3 berjalan dengan hikmat hingga terpilihnya ketua baru periode 2019-2021. Komunitas yang telah berdiri sejak 29 Agustus 2019 ini telah aktif melaksanakan kegiatan  yang konsen pada dunia pendidikan di Ogan Ilir.  Dari tanggal berdirinya hingga sekarang, KGC menyelenggarakan Mubes Sebanyak 5 kali.  Diantar ketua KGC yaitu Sigit Purwanto,  S. Kep.(2004-2010) ,  Sapto Abadi,  S. Pd.(2010-2015),  Sutarto,  M. Pd. I(Almarhum)(2015-2017),  Andi Kumaini, M. Pd.(2017-2019), dan Kaspar Ma'ruf,  S. Si.(2019-2021) yang saat ini telah terpilih melalui mekanisme musyawarah mufakat dalam Mubes V KGC Ogan Ilir. 
Mubes ke V ini mengangkat tema "Restorasi Milenial KGC Ogan Ilir untuk Caram Seguguk".  Restorasi berasal dari bahasa Jepang yang berarti kembali pada cita-cita awal.  Berharap KGC Ogan Ilir ke depan dengan sumberdaya Milenial mampu berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita Ogan Ilir bumi Caram Seguguk.  Dengan beberapa pengalaman kegiatan berskala kabupaten,  Provinsi,  bahkan Nasional di tingkat kementrian,  KGC berkeyakinan akan mampu ambil bagian memberikan sumbangsih terbaik untuk meningkatkan sumberdaya manusia guru dan pelajar ogan ilir yang berkarakter dan relijius. 
Mubes yang diselenggarakan merupakan agenda dua tahun sekali yang rutin dilaksanakan untuk memilih ketua KGC yang akan meneruskan tobgkat estapet gerak organisasi.  Mubes ke lima kali ini pimpin oleh Presidium Sidang 1 Melan Tirta Sari (Mahasiswi Stitqi Al Ittifaqiah Semester 1),  presidium sidang 2 Donal Apri,  SE (Sekretaris KGC demisioner),  dan Muhammad Yahya Ayyash(mahasiswa FMIPA Unsri semester 1) generasi muda hasil binaan KGC Ogan Ilir.  setelah hari pertama dilakukan pembukaan dan sidang pleno satu dan 2 berupa pembahasan mekanisme sidanf dan lpk pengurus,  hari kedua di lanjutkan sidang pleno 2 membahas AD ART, GBHPKO, dan Rekomendasi,  kemudian di lanjutkan sidang pleno tiga untuk memilih  Ketua Umum.  Sidang yang berlansung duwarnai penuh dengan nuansa kekeluargaan dan mengutamakan akhlak dan intelektual menjadi ciri khas sidang kali ini.  walaupun sesekali terdengar perdebatan dalam menyusun redaksi kata dalam setiap aturan. 

Ketua terpilih yang akan meneruskan estapet pergerakan KGC ini merupakan enterpreneur muda Ogan ilir dan aktivis kampus Unsri.  Dalam kata sambutanya Kaspar Ma'ruf mengajak seluruh anggota KGC untuk berperan aktif secara maksimal dalam program-program kebaikan yang akan di rancang ke depan. Kontribusi yang dibutuhkan haruslah sepenuh jiwa dan raga dalam cinta memberikan kebermanfaatan dalam membentuk Generasi Cendekia.

KGC Ogan Ilir selama ini mempunyai motto "Pelopor Kebaikan",  telah menujukkan bukti nyata dalam program pendidikan,  pelatihan,  dan pembinaan karakter di beberapa di Ogan Ilir diantaranya SMAN1 Indralaya,  SMAN 1 Indralaya Utara,  SMAN 1 Kandis,  MAN 1 Ogan Ilir,  dan SMA PGRI Ogan Ilir,  SuperCamp,  Tallent Mapping,  dan pendampingan bakat.  Tidak hanya pembinaan pelajar,  KGC Ogan Ilir juga telah mampu menyelenggarakan serangkaian acara Event Kesejarahan berupa bimtek PTK, Lawatan sejarah,  Seminar PTK,  dan Lomba PTK Guru SMA dan SMP sejarah/IPS se Ogan Ilir bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Agustus hingga November 2019.  Kegiatan yang begitu bermanfaat ini mendapatkan respon yang positif dari berbagai pihak dan siap mendukung agenda-agenda positif dari KGC Ogan Ilir. 

Ke depan KGC berkomitmen dengan terpilihnya ketua dan terbentuknya kepengurusan baru ini untuk lebih banyak lagi membuat gebrakan agenda kebaikan di Ogan Ilir bumi Caram Seguguk.  Jangan ketinggalan untuk terus mengikuti agenda kegiatan Komunitas ini melalui laman FB "ka-ge-ce Ogan Ilir". Jayalah selalu KGC Ogan Ilir untuk bumi Caram Seguguk.

Penulis adalah :  Andi Kumaini, M. Pd.  Ketua KGC Ogan Ilir periode 2017-2019. Guru SMAN 1 Kandis

Redaksi.www.dutasumsel.com

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments
2 komentar:
Tulis Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *