News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

UNSRI Adakan Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar

UNSRI Adakan Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar

INDRALAYA.DS,-- Awal Bulan Desember 2019 bertempat di Aula Darul Arqam Pondok Pesantren Raudhatul Ulum diadakan pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Model Educational Reconstruction bagi Guru-guru MGMP IPA Ogan Ilir. Kegiatan ini merupakan jenis program pengabdian inovatif yang diketuai oleh ibu Dr. Meilinda, M.Pd dari Program studi Biologi FKIP UNSRI. Dengan dibantu lima orang dosen lain yang juga berasal dari prodi yang sama. Mereka adalah bapak Khoiron Nazip, Mgs. M.Tibrani, Elvira Destiansari, Nike Anggraini dan Susy Amizera.
Sebanyak 40 orang peserta yang merupakan guru dari Madrasah Tsanawiyah RU, Madrasah Aliyah RU dan SMPIT Raudhatul Ulum mengikuti pelatihan ini dimulai pada pukul 08.00-16.00 WIB. Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini secara umum adalah untuk membantu guru membuat bahan ajarnya dan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun bahan ajar yang lebih kontekstual yang bermuatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill). Terutama bagi guru-guru IPA SMP di MGMP Ogan Ilir. Karena berdasarkan hasil data pendahuluan diketahui bahwa guru IPA masih menggunakan buku paket yang masih belum sesuai dengan kompetensi dan bahan ajar yang belum merujuk kepada kompetensi yang ingin dicapai.

Metode yang ditempuh dalam kegiatan ini meliputi presentasi materi dan praktik pembuatan bahan ajar yang bermuatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) yang diawali dengan menentukan konten materi dan membuat proposi dari materi yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar Kegiatan pembelajaran berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sebelumnya telah disiapkan oleh guru. Sehingga diharapkan dengan kegiatan pelatihan ini bisa memberikan solusi terhadap sebagian masalah yang dihadapi guru-guru IPA SMP di Ogan Ilir yang memiliki kesulitan dalam menggunakan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan siswa

Pewarta: Umi Iin
Redaksi.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar