News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ketua DPRD Dan Anggota Kabupaten Ogan Ilir Berikan Asresiasi Transformasi Pertanian

Ketua DPRD Dan Anggota Kabupaten Ogan Ilir Berikan Asresiasi Transformasi Pertanian

INDRALAYA.DS, -- Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir (OI) untuk melakukan transformasi dibidang pertanian di tahun 2020 mendapat apresiasi dari anggota dewan di Bumi Caram Seguguk ini. Karena salah satu tujuan dari program unggulan Pemkab ini untuk meningkatkan kesejahteraan kalangan petani.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD OI Suharto, SH., saat dibincangi awak media, terkait rencana Bupati OI HM Ilyas Panji Alam untuk melaksanakan transformasi pertanian mulai tahum 2020 ini, Rabu (29/1/2020).

“Kalau program itu untuk meningkatkan hasil pertanian bagi kalangan petani, tentu saja anggota DPRD OI selaku wakil rakyat sangat mengapresiasi program tersebut,” kata politisi Partai Golkar OI ini.

Menurut Suharto, transformasi pertanian itu suatu proses perubahan dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern. Artinya program yang direncanakan Pemkab OI merupakan suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

“Kita harapkan program ini nantinya bisa memperbaiki perekonomian rakyat. Intinya apa pun program pemerintah asal untuk kepentingan rakyat banyak pasti kita dukung,” jelas anggota legislatif tiga periode ini.

Alasan lain Ketua DPRD OI ini mendukung transformasi pertanian, juga ada upaya pemerintah untuk memanfaatkan lahan tidur rakyat yang ada di pedesaan.

“Memang kita akui, rakyat kita di OI ini banyak memiliki lahan, tapi tidak mampu memanfaatkan menjadi lahan pertanian akibat tidak punya modal. Nah, sekarang pemerintah siap membantu segalanya, mulai bibit padi, pupuk serta pengolaan lahan dengan sistem modern,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OI H. Hasnandar Setiawan menyampaikan dana yang dibutuhkan untuk pengelolaan transformasi pertanian ini sebanyak Rp1,5 Miliar. Sedangkan untuk pembuatan master plan di 16 kecamatan, pihaknya bekerja sama dengan Unsri dan UGM.

“Dari dana ini kita akan membeli pupuk, padi dan penyewaan ekskavator untuk 25 Hektar lahan, pembuatan Irigasi atau saluran air. Insha Allah pada 4 Februari 2020, program ini akan di launching dengan mengundang tiga Menteri RI,” paparnya dihadapan Sekda OI beberapa waktu lalu. 

Laporan : Snd
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.