News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Bupati Muba Dan Mahasiswa STIHURA Duduki Puncak Tertinggi Bukit Pendape

Wakil Bupati Muba Dan Mahasiswa STIHURA Duduki Puncak Tertinggi Bukit Pendape

MUBA,DS. - Keindahan yang dimiliki Suatu Daerah adalah salah satu daya tarik Keistimewaan yang tak dapat dibeli dengan hal apapun, apalagi ketika keindahan yang dimiliki tersebut mampu mengangkat perekonomian Masyarakat dengan nilai jual sampai ketingkat Nasional dan Internasional.

Allah SWT berfirman, “Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (Kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik (Qs : Hijr Ayat 86).

Dan itupun sudah jelas didalam Qur'an Surat Al Baqarah Ayah 164 yang berbunyi, "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya siang dan malam, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering-nya) dan Dia sebarkan di bumi segala jenis hewan dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Keindahan Alam yang dimiliki ini pun ternyata ada di Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki titik Puncak tertinggi yaitu Bukit Pendape dengan ketingian 1800 Kaki. Saat ini Bukit Pendape yang berada di desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh menjadi Pusat Wisata Alam yang digandrungi Pendaki baik dari dalam Kebutuhan Musi Banyuasin maupun luar Kabupaten.

Akses menuju lokasi Bukit Pendape sendiri dalam pantauan awak media harus melalui beberapa jalan Ekstrim yang ketika Hujan berlumpur dan Sulit dilewati baik itu Kendaraan Roda 2 maupun Roda 4, namun Akses yang Ekstrim tersebut terbayar tuntas ketika berada diatas Puncak Tertinggi Kabupaten Musi Banyuasin itu.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi bersama beberapa Mahasiswa Pencinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Rahmaniyah Sekayu (Mapahras) melakukan Pendakian di Bukit Pendape, Sabtu (25/01/2020).

Wakil Bupati Musi Banyuasin ini ketika dibincangi awak media saat berada diatas puncak Bukit Pendape mengungkapkan, hari ini kita bersama seluruh elemen Pecinta Alam mendaki Puncak Tertinggi Kabupaten Musi Banyuasin yaitu Bukit Pendape yang terletak di wilayah desa Kramat Jaya, Kecamatan Sungai Keruh.

"Dalam hal ini kami melakukan penanaman Pohon serentak dan mendaki Bukit Pendape yang diikuti oleh Pihak Provinsi, UPTD KPH Wilayah Benakat, Perusahaan Sekitar, Legmas-Pelhut, Mahasiswa Pecinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Rahmaniyah Sekayu (Mapahras), serta pihak terkait keberadaan Bukit Pendape," dikatakan Wabup.

Lebih lanjut Beni menambahkan, Pendakian kami ke Bukit Pendape hari ini bertujuan untuk menyusun Rencana kemitraan kehutanan yang mana Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendorong dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberadaan Bukit Pendape untuk menjadi tempat wisata.

"Kami bangga karena telah menjaga dan melestarikan daerah ini, karena ini adalah Kawasan Hutan. Arah kami pun guna memanfaatkan daerah ini sebagai daerah yang bisa dinikmati oleh Masyarakat baik daerah sekitar maupun daerah luar, sekaligus kami ingin Masyarakat disini bisa mendapatkan Penghasilan dari keberadaan Bukit Pendape," jelasnya.

Beni menghimbau, Marilah kita bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada di sekitar Bukit Pendape ini, karena sering kita dengar masyarakat melakukan praktek Ilegal Drilling dengan menebang kayu secara liar yang berada di Hutan.

"Kepada mereka kami menghimbau untuk tidak melakukan hal tersebut kerusakan lingkungan selain merusak apa yang dilakukan itupun akan berdampak jeratan hukum. Untuk itu lah marilah kita bersama-sama menjaga dan melestarikan keberadaan Bukit Pendape ini, untuk sementara ini kita tugaskan Satgas dari Kelompok-kelompok Pemuda dan dari UPTD KPH Benakat untuk melakukan koordinasi dalam mengawal langsung keberadaan Bukit Pendape," himbaunya.

Kepala Desa Keramat Jaya Irwanto H Beta ketika disambangi awak media dikediamannya terkait Keindahan Alam yang berada di wilayah desanya, kami berterima kasih serta bangga kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin telah mengunjung Keindahan Alam Bukit Pendape.

"Kami berterima kasih kepada Wakil Bupati Musi Banyuasin beserta rombongan Elemen Masyarakat Pencinta Alam yang telah bersedia mengunjungi keberadaan Bukit Pendape, harapan kami kedepan Keberadaan Bukit Pendape menjadi tempat untuk menikmati Keindahaan Kabupaten Musi Banyuasin dan konon di desa yang kami cintai ini terpendam Emas yang tersembunyi," ungkap Kades.

Laporan: Hsm
Redaksi.www.dutasumsel.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.