News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mencari Corak Ciri Khas, Pemkab Lahat Gelar Festival Membatik

Mencari Corak Ciri Khas, Pemkab Lahat Gelar Festival Membatik

LAHAT.DS, - Untuk mencari ciri Khas Batik Kabupaten Lahat, Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melalyi Dinas Pariwisata dan TP. PK Kabupaten Lahat menggelar Festival Batik yang pesertanya para pelajar, Mahasiswa, dan Masyarakat Umum Se- Kabupaten Lahat. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Kesenian Kabupaten Lahat dengan mengangkat Tema " Melalui Festival Desain motif batik kita tingkatkan kecintaan dan kepedulian kita untuk meleatarikan budaya batik khas Lahat yang bernuansa kearifan lokal," Senin (16/3/20).
H. Muhammad Safrani SH Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan festival desain motif batik khas Lahat sebagai merujuk ke undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang mana Indonesia telah memperoleh sertifikat pengakuan UNESCO terhadap batik sebagai warisan dunia.

" Kemudian, maksud diadakannya festival ini adalah sebagai wadah untuk berkreasi dalam menciptakan berbagai desain motif batik khas Lahat dan juga untuk menggali potensi ide kreatif dari masyarakat desa, pelajar dan masyarakat umum Kabupaten Lahat" Ujar Safrani menjelaskan.

"Kegiatan ini berpangsung sepama 1 hari yaitu, hari ini tanggal 16 Maret 2020 bertempat di gedung kesenian lahat dengan jumlah peserta sebanyak 67 orang yang berasal dari Desa se Kabupaten Lahat pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum" Tambah Safrani.

Safrani juga mengatakan para peserta yang terpilih menjadi pemenang akan diberikan uang pembinaan tropi dan piagam penghargaan.

Serta dewan juri berasal dari satu sanggar seni kerajinan batik Yogyakarta yaitu Meta Angelita, Agus sariadin dari Palembang dan juri dari Lahat.

Sementara itu Lidyawati,S.Hut Ketua TP PKK Kab Lahat mengatakan apabila merujuk pada 10 program pokok PKK yaitu program sandang dijelaskan bahwa program sandang menjelaskan pengertian tentang guna fungsi dan cara berpakaian yang sesuai dengan kepribadian bangsa, memberikan keterampilan, dan memasarkan serta mengembangkan desain-desain tradisional dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian keluarga dengan ragam busana yang sangat bervariasi.

Dan kita telah bersinergi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat yang senantiasa berupaya ke arah tersebut dengan menyelenggarakan festival atau lomba desain motif batik khas Lahat bercahaya tahun 2020, Jelas Lidyawati

Diharapkan, melalui kegiatan ini Kabupaten Lahat mempunyai batik khas Lahat sehingga menghasilkan desain motif batik yang menarik, elegan serta bernilai seni dengan Mengambil sumber inspirasi yang mengusung Arifan lokal seperti cerita rakyat, flora dan fauna khas Lahat, rumah adat dan ornamen lainnya.

Sementara itu Wakil Bupati lahat  H.Haryanto, SE,.MM juga berharap dengan terlaksananya kegiatan festival membatik dapat mencari ciri khas batik Kabupaten Lahat, dan nanti akan diterapkan dan dapat digunakan dilingkup ASN Kabupaten Lahat, Ucapnya Singkat.

Kemudian, diakhir sambutannya, Bupati Lahat Secara Resmi membuka Festival membatik tanda dimulainya acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Lahat, Polres Lahat, Dandim 0405 Lahat, Kajari Lahat, ketua TP PKK Kabupaten Lahat, GOW Lahat, DWP Lahat, Pimpinan Bank Sumsel Babel, Kepala Dinas / Badan, Camat Sekabupaten Lahat dan seluruh peserta Festival Membatik.
*HNI*

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.