News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tuan Rumah KOSN SMK, Ini Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat

Tuan Rumah KOSN SMK, Ini Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat

LAHAT.DS, - Kabupaten Lahat menjadi tuan rumah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) SMK tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020 yang berlangsung selama 4 hari dimulai pada tanggal 09 - 12 Maret 2020. Pembukaan ajang dengan tema “Sumsel Siap Menyambut O2SN Tingkat Nasional di Palembang, Selasa (10/3/20).
Acara diawali dengan pembukaan di Gedung Olahraga Kabupaten Lahat dan menampilkan para Kontigen dari 17 Kabupaten/ Kota Se- Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari 18 Kontigen. KOSN tahun ini mempertandingkan 5 cabang olahraga, yakni atletik, Karate, Bulutangkis, Renang, Silat.

Pembukaan KOSN dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Selatan, Plt Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Drs H.Riza Fahlevi MM, Sekretaris Daerah Lahat H Januarsyah SH.MH, Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, Kepala Dinas/ Badan Lingkup Pemda Lahat, Kepala Sekolah, serta segenap pembina dan guru olahraga dari masing-masing sekolah.

Ketua Panitia Mutia, S.Kom swlaku Ketua Panitia KOSN SMK bahwasanya kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional mengacu pada sistem pendidikan nasional yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2006 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tahun 2008 tentang pembinaan peserta didik.

Adapun tujuan dilaksanakannya KOSN ini adalah yang pertama untuk menumbuhkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik jenjang pendidikan menengah, kemudian memacu terjadinya peningkatan mutu pendidikan khususnya bidang olahraga pada jenjang pendidikan menengah, mempererat persahabatan persatuan dan kesatuan bangsa sesama siswa yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda di 17 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Peserta KOSN ini adalah siswa juara 1 tingkat kabupaten kota pada masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan sudah melalui seleksi ketat, dan peserta sebanyak 270 orang daei 18 kontingen berasal daei 17 Kabupaten Kota Se Sumatera Selatan, Ujar Mutia Selaku Ketua Panitia.

Sementara itu Januarsyah Sekda Kabupaten Lahat mengatakan melalui kegiatan ini agar Para pelajar tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik akan tetapi juga menyangkut aspek non akademik sehingga dengan begitu siswa diharapkan memperoleh pengalaman belajar yang utuh dan sesuai dengan karakteristik - karakteristik kebutuhan dan perkembangannya.

Oleh karena itu penyebaran kawasan ini merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasikan kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga yang bertujuan meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa, sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademik di Sekolah yang bertujuan meningkatkan prasarana bidang olahraga.

Oleh karena itu, melalui kompetisi olahraga siswa nasional jenjang SMK tingkat Provinsi ini diharapkan dapat meningkatnya kondisi kesehatan jasmani siswa dalam rangka menunjang peningkatan kualitas akademik, terjadinya bibit-bibit atlet berbakat bidang olahraga untuk dibina dan dikembangkan lebih terarah dan berkelanjutan, selanjutnya menghasilkan siswa terbaik di masing-masing cabang olahraga yang mampu berprestasi mengharumkan Marwah daerah. Pungkas Januarsyah.
*HNI*

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.