Minggu, 17 Mei 2020

Seluruh Kecamatan di Muba Salurkan BLT Dana Desa Masyarakat Terdampak Covid-19

MUBA,DS. - Menjalani amanah dan kerja ikhlas terkait Instruksi dari Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin bersama Jajaran Satuan Gugus Tugas Kabupaten Musi Banyuasin, setiap Kecamatan bersama Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam). 

Tim  bergerak  tepat,  cepat melakukan penyaluran bantuan di saat kondisi pandemi Covid-19. Tim beranggotakan hingga  level pemerintahan paling bawah yakni Kepala Dusun,  RT/RW.  Sinergi semua anggota mampu memberikan pelayanan terbaik mengedepankan transparansi bantuan yang diberikan untuk warga Muba.

Hari ini Sabtu (16/05/2020) Kecamatan Sungai Lilin menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa sebagai tindakan dalam penanggulangan dampak Covid-19. Semua ini menjadi bukti kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap rakyatnya dalam mengatasi dampak  Covid-19. 

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan  upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 ini, penyaluran BLT Dana Desa  harus transparan, jangan tumpang tindih dan tepat sasaran. Bantuan yang telah disalurkan ini diharapkan benar-benar bisa di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, rumah tangga masing-masing bagi masyarakat yang terdampak. Bantuan dimaksudkan agar warga mampu bertahan  selama beberapa bulan ke depan sampai keadaan dinyatakan normal kembali.

“Selain itu, tak henti-hentinya saya mengingatkan kembali kepada masyarakat Kabupaten Muba untuk  tidak usah  panik tetapi tetap waspada dengan mengikuti instruksi  pemerintah, menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, selalu cuci tangan dengan sabun dan selalu menggunakan masker pada saat beraktivitas diluar rumah,"jelas Dodi Reza. 

Dodi juga menyarankan untuk  bersama-sama menjaga iman dan imun  saat Bulan Ramadhan.

Camat Sungai Lilin Emilya Afrianita SSTP MM menyampaikan setelah dilakukan pendataan dengan benar agar bantuan tidak tumpang tindih dan BLT Dana Desa ini bisa tepat sasaran.  Hari ini diadakan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT) kepada keluarga miskin yang tidak mendapatkan bantuan PKH atau bantuan pangan non tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata, dan memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

“BLT Dana Desa untuk Kecamatan Sungai Lilin  berjumlah 1.382 KK  dengan besaran bantuan  Rp.600 ribu Per KK,” ungkap dia.

Camat Lais, Deni Sukmana AP melaporkan  Sabtu, 16 Mei 2020  Kecamatan Lais melaksanakan Pembagian  BLT Dana Desa untuk Desa Epil Kecamatan Lais sebanyak 319 KPM di delapan dusun dengan langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat.  Dihadiri tim pengawas kabupaten dan serta menandatangani fakta integritas oleh Kades, BPD serta Perangkat Desa.

" Selain BLT Dana Desa juga dilaksanakan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari kantor pos besar kepada 1020 KPM dan kami dari Pemerintah Kecamatan mengatur jadwal desa-desa yg hadir per 2 jam dan Alhamdulillah jam 17.15 wib selesai pembagiannya dengan aman, lancar mengikuti protokol kesehatan", lapornya. 

Terpantau pembagian BLT Dana Desa di Kecamatan Batang Leko,  dipantau langsung tim pngawas kabupaten dan pelaksaannya juga berjalan aman, tertib dan lancar.

Salah satu warga dari Kecamatan Sungai Lilin, Sami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah mengulurkan bantuan ini, sungguh besar manfaatnya bagi saya yang sudah sakit ini.

“Dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari yang awalnya kesusahan sekarang sangatlah terbantu dengan diberikan bantuan sebesar Rp.600 Ribu,”. Pungkasnya.(hsm) 

0 komentar: