Senin, 15 Juni 2020

Bentuk Kesiapan Satuan, Kodim 0402/OKI-OI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karhutla TA 2020

KAYUAGUNG.DS, -- Dalam Menghadapi ancaman bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau tahun 2020 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/Ogan Komering Ilir,Ogan Ilir menggelar apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla di wilayah Kodim 0402/OKI,OI bertempat di lapangan apel Makodim 0402/OKI Kayuagung, Senin (15/6/2020).
Komandan Kodim 0402/OKI,OI Letkol Czi Zamroni, S.Sos. selaku pimpinan apel mengatakan bahwa kegiatan apel ini merupakan bentuk kesiapsiagaan Kodim 0402/OKI,OI dalam menghadapi ancaman Karhutla di dua wilayah naungan Kodim 0402/OKI yaitu di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir.
"Kegiatan apel ini sebagai tindaklanjut apel gabungan yang telah dilakukan beberapa hari lalu di Pemkab OKI dan Pemkab Ogan Ilir, dan menindaklanjuti SK Gubernur Sumsel Nomor 318/SPTS/BPBD-SS/2020 tentang Pembentukan Posko Satgas Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Karhutla di Provinsi Sumsel serta sebagai bentuk kesiapan Kodim 0402/OKI,OI dalam menghadapai ancaman Karhutla”, ujar Dandim.
Dalam memimpin pelaksanaan apel tersebut, Letkol Czi Zamroni, S.Sos. juga mengungkapkan bahwa pihaknya (Kodim 0402/OKI-OI) siap mendukung sepenuhnya kegiatan penanggulangan Karhutla dan bencana alam yang terjadi di wilayah Teritorial Kodim 0402/OKI-OI.

“Kita siap mendukung program ini, baik yang berada di wilayah Kabupaten OKI maupun di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan seluruh personel dengan keterbatasan yang ada siap untuk dikerahkan dalam penanggulangan Karhutla, mereka akan terjun langsung ke lapangan untuk membantu penanggulangan Karhutla dengan melakukan sosialisasi maupun penanggulangan terjadinya kebakaran di wilayah,” jalas Zamroni.

Lebih lanjut Dandim menuturkan, seperti pengalaman tahun sebelumnya medan Karhutla cukup rumit karena lahan gambut dan peralatan yang kurang ideal memang butuh kesiapan yang tepat dalam penanganan terhadap bencana Karhutla tahun ini. "Dalam penanganan Karhutla kita harus selalu berkoordinasi satu sama lain bersama stakeholder terkait Satgas Karhutla sesuai dengan tipologi kultur alam di wilayah OKI maupun OI," ungkap Dandim.

Selain itu, dalam apel tersebut Dandim 0402/OKI juga menyampaikan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang dilaksanakan oleh Kodim 0402/OKI-OI di Desa Sarang Lang Kecamatan Pemulutan Barat Kab. Ogan Ilir.

“Hari ini kita juga sudah mulai melaksanakan program TMMD ke-108 yang didahului dengan kegiatan Pra TMMD dan secara resmi akan dibuka pada tanggal 30 Juni 2020 mendatang, untuk itu personel yang terlibat kegiatan harus bertanggung jawab, baik itu yang terlibat kegiatan Satgas Karhutla, TMMD maupun Satgas penegakkan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19”, kata Letkol Czi Zamroni.

“Jaga keamanan diri maupun keluarga dalam melaksanakan tugas, khususnya dalam tugas penegakkan disiplin protokol kesehatan maupun tugas-tugas lainnya”, pungkas Dandim.

Dalam pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan Satgas Karhutla Kodim 0402/OKI tahun 2020 diikuti oleh para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0402/OKI serta dihadiri Kasdim dan para Perwira Staf Kodim 0402/OKI-OI juga dilakukan pengecekan perlengkapan berupa mesin pompa air dan kendaraan bermotor yang dipertanggung jawabkan kepada masing-masing perorangan. Tim

0 komentar: