Irwan Noviatra.SH Bersama Staf Khusus Bupati Kab. Ogan Ilir Agus Subandrio.SH, Panen Raya Semangka di Desa Burai

Advertisement

Irwan Noviatra.SH Bersama Staf Khusus Bupati Kab. Ogan Ilir Agus Subandrio.SH, Panen Raya Semangka di Desa Burai

Redaksi
Sabtu, 11 Juli 2020

INDRALAYA.DS,  - Ketua Umum PMBI Kabupaten Ogan Ilir Irwan Noviatra Bersama Staf Khusus Bupati Kab. Ogan Ilir Agus Subandrio,SH Menghadiri Panen Raya Semangka bertempat di desa Burai Kec.Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir, yang didampingi Sekretaris PMBI Feriyanto, Bendahara PMBI Zailani, dan Ketua Bidang Pariwisata dan Budaya Wili Sandi. Sabtu/11/07/2020.
Panen Raya semangka tersebut mengawali kegiatan PMBI bidang perkebunan dan pertanian, yang dilakukan oleh Zailani dan rekan.

Banyak dampak positif dengan adanya panen Raya Semangka ini, mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan sampai panen begitu banyak melibatkan tenaga kerja untuk masyarakat Burai.

Terutama bagi yang bertanam dapat memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa dengan situasi pademi Corona, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk meningkatkan ekonomi di bidang perkebunan dan pertanian, sehingga ketahanan pangan tetap terjaga.
Menurut Zailani, bersama rekanya menanam semangka dengan lahan 1 hektar saat panen bisa menghasilkan 10 sampai 15 ton dengan harga saat 5.400/kg.

Disela waktunya Ketua PMBI Kab. Ogan Ilir yang pernah menjabat anggota DPRD Kab. Ogan Ilir selama dua periode 2009 - 2019 mengatakan Memang Lahan Di Burai Sangat Cocok Untuk Pertanian Semangka, Diharapkan Pertanian Semangka Disebar luaskan Lagi, Jangan Lagi Ada lahan Yang Tidak Produktiv, sehingga Kedepan dapat dioptimalisasikan di bidang perkebunan sehingga produksi Semangka Dari Desa Burai dapat dikenal.

KEtua PMBI Ogan Ilir ini menambahkan, sejalan dengan Hal Ini Merupakan Misi  Dari Penanggulangan Dampak Ekonomi Covid - 19, dan Juga Sebagai Tim Khusus Percepatan Pembangunan Bidang Pertanian Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir. Novi Juga Berharap Program Pertanian Semangaka ini Akan Disinergikan Dengan program Transpormasi Ogan Ilir Tahun 2021, Yang Mana Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam, SE.SH.MM Akan Mempasilitasi Seluruh Sektor Pertanian Tanaman Padi, Holtikultura Dan Palawija, Berupa Bantuan Peralatan Dan Pembukaan Lahan, Bibit Benih Dan Lain - Lain Secara Gratis Kemsyarakat.

Menurut Irwan Noviatra disamping Itu juga diharapkan dengan dibukanya lahan pertanian ini akan mengurangi dampak Kebakaran hutan dan lahan yang ada di desa Burai serta Otomatis akan meningkatkan ekonomi masyarakat.(Zen)