KERUA DPRD OGAN ILIR BERSAMA KAPOLDA DAN PANGDAM TEBAR BIBIT IKAN DI DESA TANGKAL COVID-19 TANJUNG BARU

Advertisement

KERUA DPRD OGAN ILIR BERSAMA KAPOLDA DAN PANGDAM TEBAR BIBIT IKAN DI DESA TANGKAL COVID-19 TANJUNG BARU

Redaksi
Kamis, 09 Juli 2020

INDRALAYA.DS, -- Ketua DPRD OI Soeharto Hs bersama Pandam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan,S.IP.,M.Hum dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri ,Tebar Bibit ikan dan Panen Raya di desa Tangkal Covid-19 Tanjung Baru, Kamis (09/07/2020)

Hadir dalam Acara tersebut Ketua DPRD OI Soeharto Hs, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan,S.IP.,M.Hum, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, Kapolres Kabupaten Ogan Ilir AKBP Imam Tarmudi, SIK, MH dan Bupati Kabupaten Ogan Ilir yang diwakili asisten I A.Rahman Rosidi, Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Ilir Adi Tyogunawan, SH, MH, Camat Kecamatan Indralaya Zaidan dan Kades Tanjung Baru Budi.

Dalam Kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Ogan Ilir Soeharto Hs, bersama Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan,S.IP.,M.Hum dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri selain melakukan penebaran bibit sebanyak 100.000 ekor ikan lele juga panen ikan patin serta melihat hasil bumi yang merupakan binaan Polres Kabupaten Ogan Ilir..

Dalam Vidcon di Ogan Ilir tersebut disampaikan Kapolda Sumsel bahwa panen raya hari ini menjadi bukti kesungguhan TNI Polri untuk mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini telah berdampak signifikan terhadap tatanan global dalam bentuk permasalahan kesehatan dan ekonomi yang dirasakan semua dampaknya,
Keadaan ini menuntut kita untuk mampu beradaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kapolda.

Panen raya yang dirangkai dengan penebaran benih ikan lele dan penanaman jagung menjadi bagian dari langkah TNI Polri untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Hal ini sejalan dengan himbauan Presiden RI Joko Widodo untuk meringankan dampak Pandemi Covid-19 melalui program pemanfaatan lahan dan program padat karya.

Penanaman bahan tanaman yang cepat panen dan dilakukan secara masif yang dilakukan di seluruh jajaran Polda dan Kodam diseluruh indonesia serta termasuk yang dilakukan secara individu dilakukan oleh prajurit TNI maupun Polri tidak hanya membantu ketersediaan pangan dimasyarakat tetapi juga memberikan penghasilan bagi masyarakat.

Untuk itu, kesadaran dari masyarakat menjadi hal yang mutlak diperlukan saat ini. Melalui Kampung Tangguh, masyarakat tidak hanya membangun kesadaran bersama, tapi juga saling bantu dan menguatkan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Ketahanan Pangan dan Kampung Tangguh adalah wujud upaya ekstra ordinary sebagaimana yang telah disampaikan Presiden beberapa waktu yang lalu.

“Tak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait dan masyarakat yang telah ikut mensukseskan program ketahanan nasional dan kampung tangguh yang baru saja diluncurkan,” jelas Kapolda.

Kapolda menyambut baik kegiatan ini yang sangat bermanfaat menunjang ketahanan pangan dan membentuk sinergitas positif sehingga dimasa yang sulit akibat pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu solusi dan upaya untuk membantu masyarakat terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

“Terobosan atau inovasi seperti inilah yang diharapkan mampu membangkitkan semangat masyarakat sebagai energi positif memecah kebuntuan yang terjadi karena saya yakin ini akan berjalan dengan baik berkat kerjasama antara Polri TNI dan Unsur Forkopimda terkait serta dukungan masyarakat agar terciptanya ketahanan pangan yang kita inginkan bersama,” papar Kapolda.(Yus)