News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMAN 4 Wakili Lahat Bimtek Renovasi Bangunan Kemendikbud RI

SMAN 4 Wakili Lahat Bimtek Renovasi Bangunan Kemendikbud RI

CIBUBUR, DS - SMAN 4 Lahat menjadi salah satu sekolah yang terpilih oleh Kementerian RI untuk mengikuti Bimbingan teknis review proposal bantuan pemerintah (bantah) renovasi bangunan tahap 2 Direktorat SMA tahun anggaran 2020 di Cibubur Jawa Barat.


Tercatat, 57 Sekolah dari 21 Provinsi dilibatkan dalam Bimtek yang dibuka secara resmi oleh Direktur SMA, Dirjen Pendidikan PAUD, Diksar, dan Dikmen Kemendikbud, Drs. Purwadi Sutanto, M.Si. Diikuti oleh 57 orang Kepala Sekolah SMA, Konsultan teknis dan Kabid PSMA Dinas Pendidikan Provinsi dari 21 Provinsi se-Indonesia. 


Peserta yang terpilih diambil dari data dapodik dan vidcon yang berlansung pada  kamis (13/08/2020). Data yang dapat dihimpun Duta Sumsel, Kegiatan bimtek renov tahap 2 ini dimulai tanggal 24-26 Agustus 2020 Bertempat di Avenzel Hotel dan Convention Cibubur, Jalan Raya Kranggan, Pondok Gede, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, jawa Barat.


Dalam sambutannya Purwadi menyampaikan bahwa bagi sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka sesuai dengan ketentuan SKB 4 Menteri diserahkan kepada Pimpinan daerah, baik Gubernur maupun Bupati/Walikota. Berdasarkan edaran SKB 4 Menteri tersebut telah dibolehkan relaksasi dari zona hijau ke zona kuning. 


"Sudah bisa dilaksanakan dengan syarat harus mematuhi protokoler kesehatan, minimal PBM-nya baru bisa dilaksanakan 50%, wajib pakai masker, harus ada sanitasi di setiap kelas, tidak ada jam istirahat, kantin tidak boleh dibuka, pelaksanaan eskul harus secara daring jika ingin dilakukan. Senantiasa bekerjasama sengan puskesmas atau dinas kesehatan setempat untuk pemeriksaan kesehatan secara berkala. Dan yang paling penting adalah masing-masing sekolah wajib mengisi daftar periksa kesiapan sekolah dalam menyambut pembelajaran di era new normal" ungkap Purwadi.


Purwadi juga menambahkan bahwa guru-guru boleh menyederhanakan kurikulum agar sesuai dengan tuntutan lapangan, dan memakai KD esensial untuk diterapkan. Namun begitu kata dia, sebaiknya jika bisa mengikuti kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.


"Bimbingan teknis ini merupakan satu rangkaian kegiatan dalam rangka penyaluran dana bantuan Pemerintah Direktorat SMA tahun anggaran 2020, mulai dari daftar usulan sekolah dari dinas pendidikan provinsi, proposal usulan sekolah, seleksi dan validasi data dapodik, verifikasi data ataupun verifikasi lapangan ataupun secara virtual melalui video conference, bimbingan teknis proposal, penyaluran dana pemerintah dan supervisi maupun monitoring pelaksanaan program bantuan pemerintah" ujar Purwadi.


Sementara pelaksanaan kegiatannya yang tercantum dalam buku panduan pelaksanaan dan materi kegitan melibatkan unsur pusat, provinsi, dan sekolah sebagai pengelola bantuan pemerintah; yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Tujuan umum bimtek ini adalah terwujudnya koordinasi dan tersosialisasinya pembagian tugas kepada semua pihak dalam rangka terciptanya akuntabilitas pengelolaan dana bantah agar tepat waktu, tepat sasaran dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Materi pertama tentang pengelolaan dan pengawasan Banper Renovasi Bangunan di isi oleh Subiyantoro, SH, M.Si Inspektur II, Inspektorat Jenderal Kemdikbud. Menurutnya, bantah renov akan dilaksanakan selama 90 hari. Untuk itu ia mengingatkan seluruh kepala sekolah harus mampu mengidentifikasi resiko dan menyiapkan mitigasinya. Terakhir, Subiyantoro mengharapkan setelah bimtek kedepan tidak terjadi temuan permasalahan dilapangan "Setelah Bimtek ini, diharapkan kinerja dan pelaksanaan dilapangan tidak terjadi temuan temuan yang tidak masuk akal. Maka dari itu sesuaikanlah perencanaan bangun yang akan direnovasi dengan realisasi pengerjaannya dilapangan" pungkasnya. (nid)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.