News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pasien Covid-19 Lahat Kembali Meningkat

Pasien Covid-19 Lahat Kembali Meningkat


LAHAT, DS - Minimnya kesadaran warga akan protokol kesehatan mengakibatkan jumlah terpapar Covid-19 di Kabupaten Lahat Meningkat. Hal ini terungkap saat tim gugus tugas menggelar konferensi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Lahat. Semula yang diharapkan jumlah pasien atau warga terpapar Covid-19 menurun malah sebaliknya. Pasien Covid-19 di Kabupaten Lahat mengalami penambahan signifikan. Hal ini disebabkan minimnya kesadaran warga tentang bahaya Covid-19.


Padahal, Arahan dan himbauan Pemerintah untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari sudah gencar dilakukan. Tidak cukp sampai disitu, Sosialisasi hingga himbauan berbentuk spanduk dari Kota hingga ke desa sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dengan harapan Pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Seganti Setungguan .


Faktanya dilapangan, penerapan pola hidup dengan 3 M masih belum terwujud, buktinya masih ada saja masyarakat yang tidak mengunakan masker dan tidak jaga jarak saat berada di keramaian .


Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan dan penanggulangan covid-19 Lahat dalam konfrensi Kamis kemarin (15/10/2020) mengaku bahwa jumlah pasien terinfeksi Corona belakangan ini kian bertambah dan meningkat.    Masyarakat yang melakukan kontak erat ada 1382 orang dalam proses 247 orang. Data warga terinfeksi secara keseluruhan berjumlah 166 orang. Meninggal duni 13 orang dan pasien sumbuh berjumlah 108 orang. Sementara dalam proses pemantauan berjumlah 45 orang.


Ketua gugus tugas percepatan penangan dan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Lahat H.Alia Pandi dalam kesempatan tersebut juga sangat menyesalkan penambahan jumlah pasien terinfeksi Covid-19. "Tentu ini merupakan bukti masih banyak masyarakat umum tidak mengikuti arahan Prokes dengan melalaikan 3 M hingga penyebaran mata rantai virus Corona belum dapat kita tekan" ujarnya.


Kendati demikian, pihaknya mengaku akan terus melakukan sosialisasi Prokes terhadap warga dan senantiasa menghimbau dengan barbagai cara agar mata rantai penyebaran Covid dapat ditekan sehingga curva atau grafik Covid-19 dilahat bisa menurun dan kembali seperti sedia kala. "Mari bersama pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. Cuci tangan sesudah beraktifitas, jaga jarak, jaga kesehatan dan juangan lupa pakai masker jika melakukan aktifitas di luar rumah. Hindari berkerumun dan tetap menerapkan pola hidup sehat 3 M" ujarnya.


Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Ponco Wibowo. Ponco senantiasa menghimbau agar seluruh masyarakat umum di Bumi Seganti Setungguan dapat mengikuti arahan dan aturan Prokes demi kebaikan bersama guna menekan penyebaran virus Corona.

"Prokes untuk kebaikan bersama. Mari senantiasa patuhi dan terapakan anjuran Pemerintah agar Lahat bisa kembali ke Zona hijau. Terkhusus kepada tenaga kesehatan yang bertugas dalam Wilayah Kabupaten Lahat baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit dapat berkerja dengan sungguh - sungguh dalam membantu dan melayani masyarakat yang terkena corona dengan baik juga iklas dalam bertugas pungkasnya.()

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar