• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Dinas Perkim Siap Bangun TPS3R, Untuk Kelurahan/desa, Silahkan Siapkan Lahan Hibah.

    Selasa, 15 Februari 2022, Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T07:32:45Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PRABUMULIH, DutaSumsel -- Berbagai usaha dilakukan pemerintah kota Prabumulih dalam usahanya menanggulangi penumpukan sampah produksi rumah tangga yang setiap harinya terus meningkat. Tidak hanya melalui program bank sampah, namun pemerintah terhitung mulai tahun 2019 mulai membangun gedung Tempat Pembuangan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R).


    Melalui terobosan tersebut pemerintah berharap selain mengurangi penumpukan sampah juga bisa memberikan dampak ekonomi melalui pemilahan dan pengelolaan sampah menjadi produk daur ulang.


    Saat ini ada enam kelurahan di Kota Prabumulih yang memiliki gedung TPS3R yang dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) diantaranya Gunung Ibul, Payuputat Dan Majasari.


    " Dananya dari DAK dan sudah enam kelurahan yang memiliki TPS3R, diantaranya Gunung Ibul, Payuputat Dan Majasari," ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman kota Prabumulih Drs Bustomi ketika dibincangi awak media di kantornya, Senin (14/03/2022).


    Dikatakannya, untuk pengelolaan TPS3R sendiri diserahkan kepada kelurahan setempat, sementara Dinas Perkim hanya sebagai pembina. Namun demikian, pihaknya berharap melalui TPS3R masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari produksi sampah.


    "Sampah yang diantar kesana sendiri dan sudah dipilah akan dibeli oleh petugas dengan harga yang sudah di tetapkan. Namun untuk sampah yang diambil kerumah masyarakat harus membayar uang jasa pengambilan, karena diambilkan pakai motor sampah, tentu ada uang transportasinya," terang Bustomi lebih lanjut.


    Sementara bagi kelurahan yang belum memiliki TPS3R bisa mengajukan permohonan yang nantinya akan diajukan pada tahun berikutnya.


    " Silahkan ajukan, namun syaratnya kelurahan memiliki tanah yang sudah dihibahkan. Karena itu syarat mutlaknya," tambah Bustomi.


    Mantan Kepala Dinas Sosial ini juga berharap dengan tersebarnya TPS3R bisa menjadi solusi dari permasalahan sampah yang saat ini terus menjadi masalah tak berkesudahan di kota Prabumulih. Dikrinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk bisa memilah sampah rumah tangga sebelum diantar ke TPS3R, sehingga mendapatkan hasil dari sampah produksinya sendiri.


    " Pilihlah dulu sampahnya sebelum diantar ke TPS3R, kan nantinya akan dibayar petugas sesuai harga yang sudah ditetapkan. Itu juga akan mengurangi penumpukan sampah di TPA, karena hanya sampah yang memang sudah tidak bisa diolah lagi yang akan di kirim ke TPA," tukas Bustomi.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini