• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Musrenbang Pali 2023 Fokuskan Program Prioritas

    Kamis, 31 Maret 2022, Maret 31, 2022 WIB Last Updated 2022-03-31T14:56:12Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PALI, DS - PALI, DS - Pemerintah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menegaskan bahwa fokus pembangunan Tahun 2023 adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam hal upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui program pembangunan strategis dan prioritas.


    Demikian diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) PALI saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 bersama Kepala OPD terkait di Aula Kantor Bupati PALI, Kamis (31/3/2022)


    Dalam acara Musrenbang kali ini terlihat fokus membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program Kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan.Hal ini di lakukan sebagai langkah dan upaya pemerintah menampung aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.


    Menurut Wabup, capaian indikator pertumbuhan dan nilai IPM PALI masih tergolong rendah serta angka kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi. "Maka Tahun 2023 Pemerintah PALI tetap fokus pada program kegiatan yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkap Soemarjono.


    Sementara program yang sedang berjalan kata dia, Pemerintah sedang berupaya memulihkan ekonomi dan peningkatan daya saing daerah pasca Pandemi. Kemudisan, peningkatan tata kelola pemerintah, pelayanan publik dan inovasi daerah. Lalu yang tidak kalah penting adalah percepatan penanganan kemiskinan dan stunting, peningkatan insfratruktur dasar, kualitas lingkungan hidup dan stabilitas trantibumlinmas.



    Dihadapan Kepala SKPD Pali, Suemarjono juga menekankan agar dalam pelaksanaan kegiatan SKPD tidak melulu bergantung pada anggaran APBD. Artinya kata Mantan Ketua DPRD PALI ini, SKPD diminta mampu untuk menggali potensi sumber-sumber anggaran baik itu di Propinsi, CSR maupun di Pusat.


    "Jadi Kepala SKPD itu harus bijak dan pintar. Kalau bisa jangan bergantung pada APBD. Upayakan potensi atau sumber-sumber pendapatan lainnya seperti Bangub, CSR maupun dana Aalokasi Khusus dari Pemerintah Pusat" ujarnya.


    Pemerintah Kabupaten PALI mendorong bagaimana perencanaan pembangunan pada 2023 mendatang harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang di hadapi saat ini.


    "Apa yang dikerjakan tahun ini akan memberi pondasi di tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan," tegasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini