• Jelajahi

    Copyright © Duta Sumsel
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Perkuat Ketangguhan Masyarakat, BPBD Bentuk Desa Tangguh Bencana Di Desa Jungai

    Senin, 28 Maret 2022, Maret 28, 2022 WIB Last Updated 2022-04-12T02:16:11Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    PRABUMULIH, DutaSumsel - Kegiatan pembentukan desa tangguh bencana digelar di Desa Jungai, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kota Prabumulih, Senin (28/3/2022). Pembentukan desa tangguh bencana itu difasilitasi BPBD Pemerintah Kota Prabumulih. Sedianya, kegiatan dibuka Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Selatan Iriansyah S.sos.


    Iriansyah S.sos, mengatakan pembentukan desa tangguh bencana itu menindaklanjuti Peraturan Kepala (Perka) BNPB No.1/2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana.


    Desa tangguh bencana akan memiliki indikator, di antara kelompok sukarelawan, dokumen-dokumen terkait penanggulangan bencana di desa, rencana kontinjensi desa. Kemudian secara praktik ada simulasi penanggulangan bencana di desa.


    "Sehingga masyarakat desa memiliki ketangguhan saat prabencana, saat bencana, dan pascabencana,” bebernya


    Pembentukan desa tangguh bencana yang ada di sumatera selatan sudah ada 4 kabupaten kota yang sudah dibentuk di tahun ini.


    "Di tahun ini sudah 4 kabupaten kota yang sudah kita bentuk dan satgas desa ada 40 masyarakat yang kita ajarkan dan di latih untuk meminalisir terjadinya bencana," ungkapnya


    Kepala BPBD Kota Prabumulih, Sriyono SH menjelaskan untuk pelatihan sendiri yang akan di ajarkan seperti tentatif itu dari BPBD Provinsi dan ada juga latihan dasar, jalur evakuasi, kajian jitu basnas, manegeman tanggap darurat.


    " Pembentukan Destana untuk Kota Prabumulih sendiri baru desa jungai dari BPBD provinsi dan pembentuka Destana dari BPBD kota prabumulih akan di wancanakan 2 desa di bentuk di tahun mendatang," pungkasnya


    Acara tersebut di hadiri, Camat RKT, Kepala Desa Jungai, Staf Ahli Pemkot, Babinsa, Babinkatibmas dan seluruh anggota BPBD.


    Reporter: Heru


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini